Daerah  

Kapolres Bengkulu Selatan Nobar Virtual Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Makutharama

Kapolres Bengkulu Selatan Nobar Virtual Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Makutharama
banner 120x600

Bengkulu Selatan, Hwnews.id – Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu Jumat 3 Februari 2023 malam 20.00 WIB, melaksanakan nonton bareng (Nobar) secara virtual Acara Gelar Budaya Pagelaran Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Makutharama di gedung Graha Wicaksana Laghawa Polres Bengkulu Selatan.

Hadir dalam kegiatan itu,Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Judo T Tampubolon bersama para PJU, Forkopimda Bengkulu Selatan, tokoh masyarakat dan komunitas seni.

Adapun, pagelaran budaya wayang kulit dengan Lakon Wahyu Makutharama, yang dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan seluruh Kepala Staf TNI, digelar di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Februari 2023, malam.

Kapolri Sigit mengungkapkan, pagelaran wayang kulit ini merupakan bentuk kesepakatannya bersama dengan Panglima TNI dalam rangka menjaga serta melestarikan budaya asli Indonesia.

Kapolri dan Panglima TNI serta seluruh Kepala Staf sebelumnya ikut main dalam kegiatan wayang orang bertema “Pandawa Boyong” di TIM pada tanggal 15 Januari 2023 lalu.

“Jadi hari ini sesuai dengan kesepakatan Pak Panglima bahwa kita sepakat untuk terus Nguri-uri budoyo menjaga dan mengembangkan budaya. Setelah beberapa waktu yang lalu kita melaksanakan pagelaran wayang orang bersama TNI-Polri di taman Ismail Marzuki,” kata Sigit di Lapangan Bhayangkara Polri.

Sementara itu, Kapolres Bengkulu Selatan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu bentuk menjaga dan memelihara budaya, juga sebagai hiburan bagi masyarakat, bentuk sinergitas TNI-Polri yang akan memperkuat dalam menjalankan tugas dan melestarikan budaya.

“Pagelaran seni budaya, banyak makna filosofis yang bisa diambil hikmahnya untuk diimplementasi kan dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas yaitu dari nilai luhur, sikap kesatria, hingga jiwa kepemimpinan. Dengan adanya kegiatan ini Sinergitas TNI-Polri ini betul-betul bisa semakin memperkokoh program-program kebijakan dari Negara dari Pemerintah dalam rangka mengawal, mendukung dan mensejahterakan serta membangun Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera,” kata Kapolres.

Selanjutnya, untuk menjaga kelestarian budaya asli nusantara tersebut menjadi semakin penting untuk dilaksana kan di tengah serbuan pengaruh budaya asing sebagai dampak dari globalisasi hasil kemajuan teknologi informasi dan digital.

“Kolaborasi antara Polri dan TNI merupakan sebuah perpaduan yang tepat,  untuk wadah mengayomi kearifan seni panggung lokal ke dalam taraf Internasional yang merambah lebih dalam kepada seni panggung tradisi Indonesia dan bertujuan untuk membuat generasi milenial mengapresiasi karya bangsa,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *