Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur Dukung Gerakan Reforma Agraria Nasional

banner 120x600

Kaur Hwnew.id  – Kantor Pertanahan Kabupaten Kaur mengadakan acara Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional. Kegiatan tersebut juga digelar serentak diseluruh daerah di Indonesia dengan mengusung tema ” Bersinergi Mewujudkan Cita – Cita Reforma Agraria Dalam Upaya Mengurangi Ketimpangan Pemilikan Tanah Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat “. Gerakan Sinergi Reforma Agraria ini dihadiri pihak pemerintah daerah kabupaten Kaur melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Lianto, S.P, sekaligus mewakili Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H.M.H. Acara tersebut digelar di Balai Desa desa Linau Kecamatan Maje, Senin ( 22/4/2024 ).

Selain Asisten II, turut hadir dalam kegiatan itu adalah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kaur, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Sekretaris Dinas Perikanan, Ka. UPTD KPLH Kabupaten Kaur dan Kepala Desa desa Linau serta perwakilan PT. Bank Negara Indonesia ( BNI ) Cabang Bintuhan.

Sehubungan dengan kegiatan itu Bupati Kaur yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan mengapresiasi kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria yang digagas oleh Kementerian ATR/BPN serta memberikan dukungan penuh terhadap program – program yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kaur, terutama dalam hal Reforma Agraria di Kabupaten Kaur.

” Terima kasih dan kami sangat menyambut baik acara ini. Dengan adanya keterlibatan sejumlah OPD terkait hendaknya kita akan terus bersinergi dan bekerja sama dalam upaya memperlancar Reforma Agraria di Kabupaten Kaur “, ujar Lianto.

Sementara itu terkait kegiatan ini Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kaur mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Reforma Agraria di Indonesia.

” Ya, kegiatan kita pada hari ini merupakan perwujudan dari Perpres Nomor 62 Tahun 2023 tentang percepatan reforma agraria di Indonesia  dan pada hari ini juga kegiatan seperti ini dilakukan serentak oleh suluruh satuan kerja Kementerian ATR/BPN di Indonesia “, kata Anindito.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini akan tumbuh sinergitas diantara seluruh pemangku kepentingan agar dapat mewujudkan reforma agraria. dia juga berharap reforma agraria ini agar selalu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan stakeholder sebagai mitra kerja.

” Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Kaur dan pemerintahan desa Linau yang dalam mensukseskan giat kita hari ini “, ungkapnya.

Anindito menjelaskan dengan adanya reforma agraria ini akan menambah nilai tanah atau meningkatkan nilai tanah. Sehingga nantinya akan mendorong masyarakat untuk lebih giat melakukan kegiatan pemberdayaan tanah. Dengan maraknya kegiatan pemberdayaan tanah oleh masyarakat atau kelompok tani dan nelayan di kabupaten Kaur diharapkan perekonomian masyarakat Kaur akan meningkat.

Diakhir acara dilakukan penanaman pohon lindung disekitar pinggir pantai desa Linau dengan harapan pohon tersebut akan tumbuh besar serta dapat memberikan manfaat baik terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. (HZ/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *