Daerah  

Tingkatkan Kompetensi Dosen, Prodi Akuntansi Gelar Pelatihan Bersertifikasi CAP

banner 120x600

Jakarta-Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melalui Program Studi (Prodi) Akuntansi menjalin kerjasama dengan PT Ultima Tekno Solusindo Ruang lingkup kerjasama kedua institusi adalah pengadaan software akuntansi Accurate, pelatihan dan sertifikasi Certified Accurate Professional (CAP) dibidang Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

Prodi Akuntansi berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dibidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada dosen, mahasiswa dan pengelola keuangan Perguruan Tinggi (PT).

Implementasi kerjasama dilakukan melalui pelatihan dan sertifikasi CAP untuk dosen, pengelola keuangan dan mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 19-22 Desember 2023 dengan menghadirkan profesional Accurate dari PT Ultima Tekno Solusindo.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan FEB Taufik Hidayadi di Ruang Rapat Rektorat Unusia. Beliau mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi. “Kerjasama yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi dengan PT Ultima Tekno Solusindo adalah komitmen untuk meningkatkan tatakelola Prodi untuk mencapai Tri Darma Perguruan Tinggi. Kami dari Dekanat FEB mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM, khusus pengajar di Prodi Akuntansi”. 19/12/23.

Selain itu, pelatihan dan sertifikasi ini juga melibatkan mahasiswa untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Pendamping Ijazah (SKPI). Tentu ini akan meningkatkan kompetensi mahasiswa dan akan memiliki daya saing jika sudah menjadi alumni nantinya, ini adalah mahasiswa untuk mengakses lapangan pekerjaan yang semakin kompetitif, terangnya.

Direktur PT Ultima Tekno Solusindo Rinaldi Pramudito juga mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin dengan Unusia melalui Prodi Akuntansi. “Implementasi kerjasama ini adalah awal untuk meningkatkan kerjasama antara PT Ultima Tekno Solusindo dan Unusia. Kedepannya, kami berharap bisa berkolaborasi diberbagai bidang, khususnya pengembangan Accurate sebagai Sistem Informasi Akuntansi yang dapat menjadi solusi bagi institusi baik konvensional maupun instansi pendidikan” ungkapnya.

Menurut Ketua Prodi Akuntansi Muhammad Aras Prabowo bahwa kerjasama ini bisa kita kembang lebih luas lagi. “Unusia ini lembaga di bawah Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki entitas pesantren yang sangat banyak di Indonesia. Prodi Akuntansi dan PT Ultima Tekno Solusindo bisa kolaborasi dalam merumuskan Sistem Informasi Akuntansi Pesantren yang dibutuhkan oleh seluruh pesantren di bawah NU”

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi CAP dilakukan di laboratorium akuntansi Unusia, yang akan berlangsung selama empat hari. Seluruh peserta nantinya akan mengikuti ujia sertifikasi dan mendapatkan gelar non akademik CAP, jelas Habsyah Fitri Aryani selaku Sekretaris Prodi Akuntansi Unusia. “Dengan kerjasama ini, Prodi Akuntansi Unusia akan menggunakan software akuntansi yang berlisensi dalam matakuliah komputerisasi akuntansi. Nanti setiap mahasiswa yang mengikuti matakuliah komputerisasi akuntansi, akan diikuti dalam ujian sertifikasi CAP dan akan mendapatkan gelar non akademik” pangkasnya.

Kedepannya, seluruh mahasiswa akuntansi akan mendapatkan dua gelar setelah alumni dari Unusia, yaitu sarjana akuntansi sebagai gelar akademik dan CAP sebagai gelar non akademik. Dengan seperti itu, alumni akuntansi Unusia akan memiliki keahlian yang lebih dari alumni universitas lainnya dan akan diperhitungkan dalam dunia korporasi, tutup Aras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *